Belajar Membuat Display Kelas
“Sebuah ruangan tanpa papan informasi terasa gersang. Para siswa ingin
sekali memiliki sesuatu yang dapat dilihat pada dinding di sekitarnya. Melalui
papan informasi mereka dapat belajar, menemukan sebuah informasi, terinspirasi,
dan menambah perasaan nyaman di dalam kelas.
Kimberly
Steele Seorang Guru
Di Abe Hubert
Middle School, Garden City, Kansas.
Bagi anada seorang, tentu selalu ingin memberikan
yang terbaik untuk anak didik. Bagi mereka yang memaknai profesi mulia ini, mereka
akan sangat berusaha melakukan yang terbaikdalam mendidik anak anak bangsa.
Guru yang baik adalah guru yang selalu semangat belajar.
Belajar berinovasi dan berkreasi agar anak didiknya bisa belajar dengan baik,
ceria dan menyenangkan. Selain menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, ada
baiknya seorang guru juga memperhatikan suasana kelas. Terkadang anak didik
kita merasa bosan dan jenuh berada di kelas. Sehingga ada baiknya guru juga
memperhatikan tampilan kelas secara fisik. Karena guru ibarat seorang sutradara
atau dalang dalam sebuah pertunjukkan untuk itu hal yang harus diperhatikan
adalah Naskah yang akan dipentaskan (lesson plan / RPP),
Bagaimana naskah itu dibawakan (strategi mengajar),
Wayang yang di pentaskan ( mengarahkan siswa)
serta Penataan panggung yang dapat mendukung pementasan agar
dapat berjalan lancar Perpaduan kesemuanya ini akan sangat menentukan arah
berjalannya sebuah pembelajaran. Selain itu juga salah satu hal yang perlu
diperhatikan adalah lingkungan belajar. Lingkungan belajar memiliki peranan penting dalam
menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dalam arti sempit
lingkungan belajar dapat didefinisikan sebagai ruang kelas. Lingkungan belajar
erat kaitannya dengan lingkungan fisik yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar
kita yang dapat dirasakan oleh panca indra: dilihat oleh mata, dicium oleh
hidung, dirasakan oleh kulit, didengar oleh telinga.
Oleh sebab itu, lingkungan belajar sebagai lingkungan
fisik harus mampu memuaskan panca indra.Menurut Mulyasa (2006),lingkungan belajar yang menyenangkan mampu mendorong hubungan positif
antara murid dan materi pokok siswa, membangun relasi antara siswa dan guru,
merangsang pemikiran kreativitas dan keingintahuan siswa, dan meningkatkan
harga diri, keyakinan, dan nilai diri siswa.
Salah
satu ikhtiar untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan
adalah display kelas. Display kelas adalah serangkaian pajangan siswa yang
membantu siswa belajar di dalam kelas. Adapun tujuan display adalah :Meningkatkan
minat siswa dalam belajar, Memudahkan siswa menerima
pembelajaran,Agar pembelajaran tidak monoton serta Asisten guru dalam menyampaikan materi pembelajaran diantaranya: sebagai
alat peraga pembelajaran
(teaching aid), kata atau kalimat afirmasi, kata atau kalimat motivasi,
pajangan karya seni, display aturan kelas, display prestasi siswa, dan display
materi pembelajaran.
Pembagian display ada dua display afirmasi dan display
pelajaran. Pertama display afirmasi biasanya ditandai dengan berisikan
kata-kata motivasi, anak-anak dapat membayangkan secara langsung sebab akibat yang mereka
lakukan.
Kedua, display pelajaran. Guru yang kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran
yang kompleks bisa mensiasatinya dengan penggunaan display, sebelum membuat display,
guru membuat perencanaan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut Materi tersebut membutuhkan ingatan jangka panjang,
Materi tersebut sering keluar saat ujian dan Kompetensi Dasarnya gemuk serta materinya harus membutuhkan beberapa kali pertemuan.
Di
dalam pembuatan display, guru sebaiknya memperhatikan beberapa hal :
Yang pertama
adalah pemilihan warna. warna primer menurut teori
warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar.
Warna warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer, tiga warna primer adalah: Merah (seperti
darah),
Biru (seperti langit
atau laut), Kuning (seperti
kuning telur).
yang kedua yang
harus diperhatikan adalah Background.
Pemilihan backround juga sangat menentukan agar display terlihat lebih menarik
Yang ketiga
adalah garis tepi. Garis tepi
harus ada karena akan membantu siswa lebih fokus kepada isi dan agar terlihat
lebih menarik karena ada batasan antara pinggir dan isi display
Yang keempat adalah penulisan judul ( dengan EYD ). Ini juga tak kalah penting karena setiap display
harus ada judul yang membuat siswa tertarik untuk membaca isi display tersebut.
Adapun dalam hal pemasangan hasil display sebaiknya guru memperhatikan beberapa
hal yaitu
Sebaiknya hasil display dipajang sejajar dengan rata-rata pandangan,
Hasil karya siswa bisa dipajang
di dinding kelas dengan menggunakan papan display,
digantung, atau ditempel langsung pada dinding,
Pajangan juga perlu diatur.
Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan display. Semoga
bisa bermanfaat dan mecobanya di ruang-ruang kelas kita, menciptakan kelas yang
mampu membuat suasana hati siswa kita bagai dalam sebuah istana yang mereka
ingin berlama lama dan betah berada di dalamnya. Selamat berkreasi para guru hebat.
Komentar
Posting Komentar